Bidang Pengembangan Teknologi Penginderaan Jauh's Fan Box

Minggu, 15 November 2009

Otomatisasi Pengolahan Data MODIS EOS Terra dan Aqua

Sejak satelit Terra (generasi pertama dari EOS (Earth Observing System)) diluncurkan pada tahun 1999 disusul satelit Aqua pada tahun 2002, salah satu datanya (MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometers)) banyak dimanfaatkan untuk keperluan pengamatan dan penelitian daratan, lautan, dan atmosfer bumi. Untuk meningkatkan layanan informasi kepada pengguna, diperlukan sistem yang lengkap mulai dari akuisisi hingga ke distribusi informasi. LAPAN telah berhasil mengintegrasikan suatu sistem hardware dan software yang mampu melakukan akuisisi sampai pengolahan data EOS Terra dan Aqua yang menghasilkan produk level 2. Operasinya memanfaatkan infrastruktur yang berada di Rumpin dan Parepare, dan untuk itu diperlukan sistem yang bekerja secara otomatis.

Sistem otomatisasi pengolahan data MODIS mengintegrasikan antara sistem akuisisi di Rumpin dengan sistem pengolahan di Pekayon dengan memanfaatkan jaringan microwave dan koneksi internet yang telah ada. Otomatisasi sistem penyedia data MODIS EOS Terra dan Aqua adalah modul software terintegrasi yang dioperasikan dan difungsikan untuk mensinergikan sistem akuisisi data MODIS EOS Terra dan Aqua di Pekayon dan Rumpin, mengatasi kelalaian operator dalam proses pengolahan data, termasuk download hasil proses dan upload parameter proses yang diperlukan. Berikut gambar konfigurasi sistem otomatisasi pengolahan data MODIS EOS Terra dan Aqua yang diterapkan.


Dari gambar konfigurasi sistem otomatisasi pengolahan data MODIS EOS Terra dan Aqua dapat dijelaskan lingkup proses otomatisasi sebagai berikut:
1. Download ancillary harian di komputer pengolahan Bangtek Pekayon
2. Arsip ancillary ke database ancillary di Komputer pengolahan Bangtek Pekayon
3. Penerimaan rawdata dari server Seaspace ke komputer server di Rumpin
4. Penerimaan rawdata dari komputer server Rumpin
5. Pengolahan data EOS hingga level 2 serta konversi HDF ke GeoTiff di komputer Bangtek (Pekayon)
6. Penerimaan dan arsip produk olahan MODIS dan output H2G dari komputer pengolahan Bangtek ke komputer penyimpanan PSDAL (Pekayon)
7. Penerimaan dan rawdata di komputer penyimpanan di ILC Pekayon dari komputer server Rumpin
8. Arsip rawdata di komputer server Rumpin

2 komentar:

  1. permisi pak, saya mau bertanya bagaimana cara menggabungkan / fusi citra modis 250 m (band 1,2) dg 500 m (3,4,5,6,7) di er mapper.

    mohon bantuannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, sistem yang kami buat tidak menggunakan ER Mapper sebagai salah satu komponen perangkat lunaknya. Kami menggunakan teknik bash shell scripting untuk seluruh prosesnya. Jadi apabila akan melakukan fusi citra, kami menggunakan scripting sendiri untuk keperluan hal tersebut. Mungkin bisa mencari referensi yang lain, terutama yang fokus di bidang pengolahan data atau pemanfaatan data. Terima kasih.

      Hapus