Bidang Pengembangan Teknologi Penginderaan Jauh's Fan Box

Minggu, 15 November 2009

Sekilas Tentang "Beijing-1" Satellite (Tsinghua)


Satelit Beijing-1 adalah satelit mikro penginderaan jauh komersial milik Beijing Landview Mapping Information Technology Co. PRC. Satelit buatan Surrey Satellite Technology Ltd. tersebut memiliki bobot 166 Kg dengan ketinggian orbit 681 Km. Diluncurkan dengan menggunakan roket Cosmos 3M dari Plesetsk Cosmodrome, Rusia, pada tanggal 27 Oktober 2005.

Misi utama Satelit Beijing-1 adalah untuk disaster monitoring. Terdapat 2 buah payload pada satelit ini, yaitu berupa sensor pankromatik dengan resolusi spasial yang sangat tinggi (4m x 4m) dan sensor multispektral dengan resolusi spasial sedang (32m x 32m) dengan lebar cakupan hingga 600 Km. Data digital penginderaan jauhnya sebesar 8 bit dan kanal pada sensor multispektralnya adalah sama dengan kanal 2, 3, dan 4 Landsat TM. Periode orbit satelitnya adalah 98,8 menit.

Sensor multispektralnya memiliki ukuran 31,4cm x 25,7cm x 24cm dengan berat 12 Kg dan daya 28 V @ 1,050 mA. Kanal multispektral pada satelit Beijing-1 sama dengan yang ada pada AISAT-1 (Algeria), UK-DMC (Inggris), dan NigeriaSat-1 (Nigeria), dimana data Satelit Beijing-1 juga dipergunakan pada koordinasi internasional dalam Disaster Monitoring Constellation, bersama-sama dengan 4 mikrosatelit lain milik Algeria, Nigeria, Turki , dan Inggris.

Data Satelit Beijing-1 ditransmisikan ke stasiun bumi penerima X-band secara realtime pada 400 Mbps dengan on-board programmable compression.

Selain untuk pemantauan bencana dan lingkungan di China, data Satelit Beijing-1 juga digunakan untuk pemantauan sumber daya air dan pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar