Bidang Pengembangan Teknologi Penginderaan Jauh's Fan Box

Minggu, 15 November 2009

Pelatihan Dasar Teknik Pembuatan Kamera Elektro-Optis Untuk Penginderaan Jauh Satelit


Pusat Pengembangan Pemanfaatan dan Teknologi Penginderaan Jauh (Pusbangja) pada bulan September-Oktober 2008 akan melaksanakan “Pelatihan Dasar Teknik Pembuatan Kamera Elektro-Optis Untuk Penginderaan Jauh Satelit” yang dikoordinatori oleh Bidang Pengembangan Teknologi Penginderaan Jauh (Bangtekja).

Tujuan umum dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan atau wawasan dan kemampuan teknis dalam pengembangan/pembuatan sensor elektro-optis untuk penginderaan jauh satelit, sedangkan sasarannya adalah memahami dasar-dasar sains kamera elektro-optis, dan memahami langkah-langkah teknis dalam pengembangan/ pembuatan dan pengujian/kalibrasi kamera elektro-optis untuk penginderaan jauh satelit.

Pelatihan ini dilaksanakan di ruang rapat Bidang Bangtekja, Gedung Satca Lt.1. Dalam pelatihan ini Bapak Prof. Dr. Ir. Andrianto Handojo, NI. (Guru Besar Optika – Program Studi Teknik Fisika ITB) ditunjuk sebagai pengajar, sedangkan peserta tidak hanya berasal dari Pusbangja saja tetapi juga dari satuan kerja lain di LAPAN seperti Pusdata dan Pustekelegan. Pelatihan dasar ini akan membahas beberapa materi yang rencananya akan dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan. Pertemuan pertama telah dilaksanakan pada hari Kamis, 4 September 2008. Berikut materi-materi yang akan dibahas dalam pelatihan ini :

1. Dasar Pencitraan
2. Resolusi dan Medan Tajam
3. Beberapa Sistem Optik Pencitra
4. Film Fotografi dan Kamera
5. Pencitraan dengan CCD
6. Detektor Lain dan Sistem Video
7. Lapisan Tipis Optik
8. Pemisah Panjang Gelombang Cahaya
9. Citra Spektral
10. Pencitra pada Satelit dan Pesawat Udara
11. Rancangan Pencitra untuk Satelit Indonesia A-2
12. Diskusi Perangkat Pencitraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar